Apa Itu Reksadana? Apakah Investasi Ini Benar-Benar Aman?

Ada banyak sekali instrumen investasi. Salah satunya adalah reksadana. Bagi pemula reksadana bisa jadi salah satu sistem investasi yang paling aman. Jika Anda masih bingung apa itu reksadana, anda bisa klik link sebelumnya untuk dapatkan informasi lebih jelas dan terperinci mengenai jenis investasi ini. Baca juga contoh inflasi



Keuntungan dan kelebihan dari investasi reksadana

Seperti disebutkan sebelumnya, dari banyaknya kegiatan investasi yang umumnya dilakukan, investasi dengan menggunakan sistem reksadana memang dianggap sistem investasi yang paling mudah dan aman.

Hal ini disebabkan karena sistem Investasi ini memiliki banyak sekali kelebihan. Akan tetapi dibalik kelebihan yang dimilikinya ada juga beberapa yang harus Anda perhatikan ulang mengenai kegiatan investasi reksadana ini. Untuk tahu lebih lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan investasi reksadana ini berikut adalah ulasannya.

·         Kelebihan mengikuti kegiatan investasi reksadana

Reksadana investasi reksadana merupakan investasi yang dilakukan oleh setiap orang dengan bantuan dari seorang broker profesional. Hal ini menjadi salah satu kekuatan melakukan kegiatan investasi reksadana, yaitu melakukan investasi dengan bantuan dari jasa yang profesional sehingga kegiatan investasi menjadi lebih mudah dan lebih aman.

Selain memiliki kelebihan dari segi investasinya yang lebih aman, kemungkinan uang Anda akan mendapatkan return yang besar dalam waktu yang singkat juga lebih memungkinkan. Hal ini disebabkan karena profesionalitas broker akan membantu Anda untuk melakukan kegiatan trading yang lebih menguntungkan.

·         Kekurangan kegiatan investasi reksadana

Meskipun ada banyak kelebihannya, melakukan kegiatan investasi reksadana juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan utama yang dimilikinya adalah proses pencairan dana yang membutuhkan waktu.

Tidak seperti melakukan trading sendiri melakukan trading saham dengan menggunakan jasa investasi reksadana akan membuat Anda perlu bersabar saat akan mencairkan saham Anda. Tidak seperti trading sendiri yang bisa membuat Anda mendapatkan uang kapan pun Anda inginkan.

Artinya, uang Anda yang disimpan dalam sistem investasi reksadana tidak bisa digunakan sebagai dana darurat. Sedangkan uang untuk investasi pada umumnya bisa dimanfaatkan juga sebagai uang darurat karena bisa ditarik kapan pun Anda butuhkan.

Rekomendasi pilihan kegiatan investasi yang aman

Pada dasarnya investasi reksadana sudah bisa dikatakan sebagai investasi yang cukup aman. Akan tetapi bagi Anda yang menggunakan seluruh uang dingin Anda sebagai dana investasi, Anda juga harus menggunakan uang tersebut sebagai uang darurat.

Jika Anda memang tidak ingin menggunakan dana ini sebagai dana darurat, maka jenis investasi reksadana dengan cepat akan lebih baik. Akan tetapi jika Anda mencari alternatif kegiatan investasi yang lebih nyaman dari segi penarikan dananya. Investasi reksadana kurang direkomendasikan. Jika hal ini terjadi, kami akan merekomendasikan Anda untuk mengikuti kegiatan investasi P2P lending.

P2P lending adalah sebuah layanan yang membantu mempertemukan peminjam dana dan orang yang ingin memberikan pinjaman. Seperti gojek yang mempertemukan penumpang dan tukang ojek, hal yang sama dilakukan di sini. Sistem investasi ini lebih rekomendasikan karena bisa disebut lebih aman dibandingkan dengan reksadana.

Setelah tahu apa itu reksadana serta kelebihan dan kekurangannya tentu Anda ingin membandingkan keduanya bukan? Salah satu perbedaan paling mencolok antara kedua sistem investasi ini adalah mengenai uang yang tetap ada menjadi milik Anda.

Dengan menggunakan layanan P2P lending Anda tidak akan kehilangan yang Anda, pasalnya platform P2P lending yang akan Anda gunakan akan menjamin uang Anda kembali dalam jumlah yang lebih besar. Ini disebabkan karena dana akan dipinjamkan dan diolah sehingga dana Anda akan berkembang dan kembali dalam jumlah lebih banyak.

Selain itu ada banyak alasan lain yang bisa membuat Anda berpikir bahwa reksadana lebih kurang unggul dibandingkan dengan kegiatan P2P lending. Mulai dari kuasa terhadap saham hingga keuntungan yang bisa di pilih sendiri jadi keuntungan P2P lending.

Kesimpulan

Investasi dengan reksadana memang untung dan memudahkan. Akan tetapi jika ditelisik mengenai apa itu reksadana lebih dalam dengan kekurangan dan kelebihannya, maka investasi dengan P2P lending bisa lebih menguntungkan bagi Anda yang mengutamakan cuan. Akan tetapi pastikan Anda bergabung dengan perusahaan P2P lending yang terpercaya guna memastikan kegiatan P2P lending tersebut aman dan diawasi oleh OJK.

Post a Comment

0 Comments