4 Jenis Kurma dan Manfaatnya

Kurma? merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, terutama ketika bulan Ramdhan tiba. Jenis kurma di Indonesia cukup beragam. Kurma yang beredar di Indonesia ini juga tidak hanya berasal dari Timur Tengah saja.



Nah, semua jenis kurma ini kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh. Setiap buah kuma memiliki nilai gizi yang tinggi, seperti halnya vitamin, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi dalam buah kurma ini sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis Kurma dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Di Indonesia ada banyak sekali jenis buah kurma yang bisa kamu pilih dan konsumsi. Bagi kamu yang belum tahu, simak saja penjelasannya berikut ini mengenai jenis-jenis buah kurma dan manfaatnya bagi tubuh.

1.      Kurma Ajwa

Kurma ajwa atau yang dikenal dengan kurma nabi ini merupakan salah satu buah kurma yang cukup terkenal dan banyak dicari di Indonesia. Kurma jenis ini berasal dari wilayah Arab Saudi bagian Barat.

Ciri-ciri dari buah kura ajwa ini adalah dimana buahnya memiliki warna yang hitam dengan rasa yang tidak terlalu manis. Teksturnya sendiri lebih lembut ketika digigit.

Manfaat dari buah kurma ajwa ini adalah sebagai anti inflamasi yang bisa mencegah kerusakan sel. Kandungan glikosida dan flavonoid pada kurma ajwa yang tinggi sangat berguna sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas.

Manfaat lain dari kurma ajwa ini adalah bisa menjaga kesehatan otak. Dimana gula dalam kurma ajwa yang bersifat monosakarida ini juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-2.

2.      Kurma Sukari

Kurma sukari disebut juga sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma ini berasal dari wilayah budidaya yang ada di Qaseem, Arab Saudi. Kurma sukari ini memiliki rasa yang legit, manus, dan dagung buahnya lembut.

Manfaat dari kurma sukari ini adalah sebagai antioksidan. Gula alami yang ada didalam kurma sukari ini mudah dicerna oleh tubuh, sehingga mampu meningkatkan energi.

Kurma sukari juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, kurma sukari ini juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi tubuh, seperti magnesium, florida, asam amino, dan zat besi.

3.      Kuma Barhi

Kurma barhi atau kurma berhee ini merupakan salah satu jenis kurma yang ada di Indonesia. Kurma ini berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Bentuk dari kurma barhi ini lebih kecil dan memiliki tekstur yang renyah. Lapisan kulitnya tipis, dan daging buahnya terasa lembut ketika dimakan.

Manfaat dari kurma barhi ini adalah sebagai antioksidan. Kandungan nutrisi dari kurma barhi ini diantaranya adalah serat, kalium, zat besi, flavonoid, antioksidan, dan vitamin B.

Manfaat lain dari kurma barhi ini adalah dapat mengurangi risiko dabetes, alzheimer, dan kanker. Selain itu, kura barhi ini juga bisa mengontrol gula darah, karena adanya pemanis alami yang dikandungnya.

4.      Kurma Medjool

Kurma medjool ini datang dari Maroko, dan mulai ditanam di Amerika Serikat hingga Afrika. Bentuk dari kurma medjool ini sedikit lebih besar dari jenis kurma lainnya. Warna dari kurma ini cukup gelap, dan rasanya cenderung seperti karamel.

Manfaat dari kurma medjool yang mengandung gula, serat, karbohidrat, lemak, zat besi, protein, dan tembaga ini adalah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam kurma medjool dan serat ini mampu membantu menurunkan koleterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, dengan mengkonsumsi kurma medjool secara rutin bisa melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan kurma medjool mengandung serta yang tinggi.

Bagi kamu yang memang ingin mendapatkan jenis-jenis kurma yang sudah disebutkan diatas tanpa perlu menunggu bulan Ramadha tiba, maka bisa membelinya di aplikasi belanja online Blibli. Blibli tentunya akan menyediakan berbagai jenis kebutuhan yang kamu inginkan, bahkan dengan harga yang sangat bersaing.

Post a Comment

0 Comments