Harus Punya: Ini Tipe Jurnal Keuangan Khusus Perusahaan

Jurnal keuangan dalam suatu perusahaan tidak sama satu dengan yang lainnya. Perusahaan menggunakan jurnal untuk mencatat transaksi yang telah dilakukan. Biasanya, perusahan selalu menyediakan jurnal khusus untuk kepentingan transaksi perusahaan. Menurut kegunaannya, jurnal khusus dibagi menjadi beberapa bagian sehingga Anda pun perlu tahu hal hal apa saja yang membedakan tipe jurnal khusus tersebut.



Jurnal Pembelian

Agaknya dari nama jurnal khusus perusahaan satu ini, Anda sudah bisa menebak fungsi dari pembuatan jurnal pembelian. Setiap perusahaan pastilah sering melakukan pembelian barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Pembelian tersebut juga tak mesti langsung membayar dengan uang cash. Ada pula pembelian barang yang pembayarannya dilakukan dengan cara kredit. Nantinya, transaksi pembelian kredit akan masuk dalam jurnal khusus pembelian perusahaan.

Jurnal Penjualan

Namanya perusahaan tidak selalu melakukan transaksi pembelian saja. Perusahaan juga pastinya mengadakan transaksi penjualan produk apalagi jika perusahaan bergerak pada bidang penjualan suatu produk. Penjualan produk di suatu perusahaan juga tak mesti langsung dibayar tunai. Kebanyakan, pembayaran produk dilakukan secara kredit karena jumlah penjualan yang cukup besar. Supaya keuangan perusahaan tetap berjalan sebagaimana mestinya, perusahaan membuat jurnal keuangan khusus penjualan demi mengetahui transaksi penjualan secara kredit.

Jurnal Penerimaan Kas

Salah satu jurnal keuangan khusus yang sering dimiliki oleh perusahaan adalah jurnal penerimaan kas. Jurnal ini berisikan tentang segala transaksi tunai yang dilakukan oleh perusahaan. Tidak hanya uang tunai saja, tetapi ketika perusahaan menerima cek dari suatu pihak, transaksi dengan cek tersebut juga dicatat dalam jurnal keuangan penerimaan kas. Jurnal khusus ini bisa juga disebut dengan jurnal kas masuk perusahaan. Bahkan, saat perusahaan menerima hutang, hutang juga masuk dalam jurnal penerimaan kas.

Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal pengeluaran kas adalah kebalikan dari jurnal sebelumnya, jurnal penerimaan kas. Ketika Anda membuat jurnal khusus pengeluaran kas, segala transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran perusahaan secara tunai atau by cek, akan ditulis dalam jurnal tanpa ada yang terlewat. Misalkan, ketika perusahaan harus menggelontorkan uang tunai atau cek untuk membayar hutang, hal tersebut termasuk juga dalam pengeluaran kas perusahaan. Yang terpenting, apapun sesuatu yang mengharuskan perusahaan untuk membayar dengan uang tunai, maka akuntan akan mencatatnya pada jurnal khusus pengeluaran kas.

Jurnal jurnal khusus yang dibuat perusahaan menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki siklus keuangan yang baik. Ketika jurnal yang dibuat seakurat mungkin, keuangan perusahaan pun juga akan sejalan. Biasanya, jurnal jurnal khusus yang dibuat sesuai dengan kebutuhan transaksinya tersebut akan ditotalkan semua. Nantinya, jika semua jurnal khusus sudah di total, maka akuntan akan segera memasukan total transaksi ke dalam buku besar perusahaan. Jadi, benar benar pembuatan jurnal khusus menentukan akurat atau tidaknya keuangan suatu perusahaan.

Apabila perusahaan tempat Anda bekerja meminta Anda untuk membuat jurnal keuangan, padahal Anda tidak begitu menguasai akutansi dengan baik. Daripada terjadi kesalahan saat membuat jurnal khusus perusahaan, Anda bisa menyerahkan pembuatan jurnal pada buku warung. Buku warung adalah sebuah aplikasi keuangan yang siap membantu mengatasi segala permasalahan yang ada di dunia akuntansi, termasuk permasalahan dalam membuat jurnal khusus. Jadi, download buku warung sekarang juga agar keuangan perusahaan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Deskripsi: jurnal keuangan khusus dibagi menjadi beberapa tipe antara lain pembelian, penjualan, penerimaan kas dan pengeluaran kas.

Post a Comment

0 Comments