Tumbuh Kembang Bayi Satu Tahun

Setiap pasangan suami istri senantiasa mendambakan datangnya buah hati di dalam kehidupan mereka. Anak menyerupai malaikat yang tiba untuk mempererat tali cinta antara suami dengan istri dan juga kian menyatukan antara keluarga kedua belah pihak. Bahkan alasannya yakni impian yg begitu mempunyai dampak untuk mempunyai anak, majemuk kerja keras dijalankan pasangan suami istri. Mulai dari yang tradisional hingga yang paling modern. Namun terkadang besarnya impian untuk mempunyai anak tidak disertai dengan wawasan yang cukup soal pertumbuhan anak dan cara merawatnya. Pada kali ini kami menjajal membuatkan wawasan tentang pertumbuhan anak terutama berkembang kembang bayi 1 tahun.

Kita mulai dengan bayi yg gres dilahirkan. Bayi yang berumur 0 hingga 120 hari sungguh amat sensitif dengan pergantian disekitarnya. Mulai dari pergantian cuaca hingga pergantian suhu. Hal ini dikarenakan semua organ badan bayi masih terlalu rentan. Mulai dari anggota badan yang paling luar yakni kulit. Begitu rentannya kulit bayi yang berumur 0 hingga 3 bulan bahkan untuk memandikannya dikehendaki sabun khusus. hal ini dijalankan mudah-mudahan kulit bayi tidak terjadi iritasi atau bahkan peradanganan. Selain kulit, rambut bayi yang masih terlalu muda ini juga sungguh rentan. Karena jaringan rambut bayi masih terlalu tipis sehingga praktis kotor dan rontok sehingga Kulit kepala menjadi praktis dihinggapi debu dan kotoran.

Karena bayi masih terlalu muda dan anggota badan bayi masih belum maksimal maka asupan gizi yang dikehendaki bayi juga sungguh banyak. Hal ini dikarenakan asupan gizi tersebut dikehendaki untuk pembentukan sel dan jaringan yang membentuk organ badan yang optimal. Pemilihan makanan selaku sumber gizi juga mesti diperhatikan. bayi pada umur 0 hingga 3 bulan cuma sanggup memakan makanan cair atau lebih spesifik yakni air susu ibu. Setelah usia 3 bulan ke atas barulah bayi sanggup mulai diperkenalkan pada makanan padat halus. Setelah 5bulan ke atas bayi juga sudah diperbolehkan mengenal nasi yang dihaluskan atau berkuah.

Kesehatan bayi pada umur 0 hingga 3 bulan juga sungguh amat rentan. Perubahan suhu yang drastis sanggup menghasilkan bayi praktis terjangkit penyakit. Selain pergantian suhu, kesehatan bayi juga dipengaruhi oleh kesehatan orang-orang yang ada disekitarnya terutama yg paling bersahabat yakni ibunya. Sangat dianjurkan bagi ibu menyusui untuk mempertahankan kesehatan diri sendiri demi sang buah hati. Kesehatan lingkungan sekitar bayi juga ikut andil dalam mempengaruhi kesehatan bayi. Usahakan wilayah dimana bayi beristirahat steril dari debu dan kotoran.

Selain pencegahan dari luar, bayi juga memerlukan pengebalan diri dari dalam. Caranya yakni menjalankan pemeriksbn kesehatan bayi secara bersiklus terhadap dokter anak. Selain itu mengikutkan bayi pada kesibukan imunisasi secara rutin.

Post a Comment

0 Comments