Tips Menolong Pertumbuhan Pengelihatan Bayi


Saat bayi pertama kali membuka mata dan menatap kedua orangtuanya ialah salah satu momen terindah dalam rekaman hidup para orang tua.  Namun jangan resah apabila hal itu tidak secepatnya terjadi.

Penglihatan bayi  memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk sanggup meningkat sepenuhnya. Memahami pertumbuhan pandangan bayi dan hal-hal yang sanggup membantunya meningkat dengan baik, sanggup menolong menentukan bahwa anak Anda memiliki pandangan yang bagus dan menikmati dunianya sepenuhnya.

Perkembangan pandangan dimulai sejak dalam kandungan
Tips:   tekun melaksanakan antenatal care dan mematuhi arahan dokter obsgyn menyangkut nutrisi yang baik, aksesori dan penggunaan obata-obatan selama kehamilan.

Penglihatan bayi secepatnya setelah dilahirkan
Segera setelah dilahirkan bayi cuma sanggup menyaksikan hitam, putih dan abu-abu.  Sel-sel saraf pada retina dan otak yang mengendalikan pandangan belum meningkat sempurna.  Bayi juga belum bisa berakomodasi (memfokuskan penglihatannya pada jarak dekat).

Tips: Anda tidak perlu terlalu khawatir bila bayi Anda nampak belum sanggup memfokuskan penglihatannya pada sebuah benda tergolong tampang Anda. Mintalah terhadap dokter anak Anda untuk menyidik kemungkinan adanya kelainan neonatal pada mata biar sanggup terdeteksi secara dini dan meminimalisir dampaknya pada pertumbuhan penglihatan.

Penglihatan bayi di bulan pertama
Mata bayi pada bulan pertama kehidupannya belum sensitif terhadap cahaya.  Kemampuan bayi menyadari datangnya cahaya 50 kali lebih rendah dibandingkan kesanggupan orang dewasa.

Kemampuan pandangan warna mulai berkembang, dalam 1 ahad setelah dilahirkan bayi sanggup menyaksikan merah, oranye, kuning, dan hijau., gres kemudian warna biru dan violet.  Ini dikarenakan cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan reseptor warna biru cuma sedikit terdapat pada retina.

Tips:
·         Lampu di kamar bayi boleh menyala, ini tidak akan mengusik tidurnya dan menolong ortu bila akan menganalisa bayinya
·         Dekorasilah kamar bayi anda dengan warna-warna terang , cerah dan kontras.  Gantungkan mainan di atas kawasan tidur bayi dengan banyak sekali warna dan bentuk.

Perkembangan pandangan di bulan 2-3
Tajam pandangan bayi mulai meningkat di bulan-bulan ini dan kedua matanya mulai  melakukan pekerjaan sama dengan baik.  Bayi Anda sudah sanggup mengikuti benda yang bergerak dengan matanya dan menjajal meraihnya.  Pada tahap ini bayi juga mulai sanggup melirik dari satu benda ke benda yang lain tanpa mesti menggerakkan kepalanya.   Matanya mulai sensitif terhadap cahaya pada umur 3 bulan, kesanggupan mendeteksi cahaya cuma 10 kali lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

Tips:
·         Tambahkan beberapa benda di kamar bayi dan sering  merubah letak kawasan tidurnya
·         Bicaralah terhadap bayi sambil Anda berlangsung di sekeliling kamar tidurnya
·         Biarkan lampu tidur menyala untuk memamerkan rangsangan visual pada dikala mereka terbangun dari tidurnya
·         Pada dikala tidur semestinya bayi posisinya terlentang untuk mneghindari ‘sudden infant death syndrome’ (SIDS), pada dikala berdiri semestinya bayi ditengkurapkan (sambil Anda awasi) biar bayi mendapatkan pengalaman visual dan motorik yang optimal.

Perkembangan pandangan di bulan 4-6
Menjelang umur 6 bulan, sentra pandangan di otak sudah makin meningkat sehingga memungkinkan bayi untuk menyaksikan lebih terperinci dan menggerakkan matanya lebih singkat dan akurat dikala mengikuti benda bergerak.  Tajam penglihatannya sudah nyaris setajam orang cerdik balig cukup akal demikian pula pandangan warnanya.

Koordinasi mata dan tangan juga sudah lebih baik, memungkinkan mereka melokasikan dan mengambil benda dengan segera dan secara akurat mengarahkan botol/benda yang lain ke verbal mereka.

Tips: Umur 6 bulan yaitu dikala dimana bayi direkomendasikan untuk menjalani investigasi penglihatannya yang pertama ke dokter mata.

Perkembangan pandangan di bulan 7-12
Buah hati Anda dikala ini sudah banyak bergerak dan merangkak ke mana-mana.  Penilaiannya tentang jarak makin baik dan makin akurat dikala menjangkau dan melemparkan sebuah benda.  Ini yaitu tahap pertumbuhan yang sungguh penting.  Pada tahap ini, bayi membuatkan kewaspadaan terhadap tubuhnya dan belajar mengkoordinasikan penglihatannya dengan pergerakan tubuh.

Ini juga tahapan dimana dibutuhkan ketelatenan dari pihak ortu untuk mempertahankan anaknya dari segala bahaya.  Bayi sanggup saja terluka alasannya yaitu mereka mulai mengeksplorasi lingkungan.

Tips: Untuk menstimulasi pertumbuhan kerjasama mata-tangan-tubuh bayi, turunlah ke lantai bareng buah hati. Tempatkan mainan favorit bayi Anda di luar jangkauannya dan semangatilah biar ia merangkak dan meraihnya. Berikan juga mainan dimana bayi sanggup memisah - misahkannya dan menyatukannya kembali.

Perkembangan pandangan umur 1-2 tahun
Menjelang umur 2 tahun, kerjasama mata-tangan-tubuh dan ‘depth perception’ ( kesanggupan memperhitungkan jarak)  anak mesti sudah terbentuk dengan baik.  Anak-anak di usia ini sungguh tertarik untuk mengeksplorasi lingkungan, melihat-lihat, dan mendengarkan.  Mereka mengerti benda-benda yang familiar, gambar-gambarpada buku dan suka corat-coret dengan crayon atau pensil.

Tips:
·         Gulingkan bola ke depan dan belakang untuk menolong anak mengikuti benda dengan matanya
·         Berikan anak  balok-balok susun dan bola-bola dengan banyak sekali bentuk dan ukuran untuk merangsang ketrampilan motorik halus dan pertumbuhan otot kecil
·         Baca atau ceritakan dongeng untuk merangsang kesanggupan anak memvisualisasikan dan merangsang ketrampilan belajar dan membaca.

Post a Comment

0 Comments