3 Ciri Anak Berbakat

Dalam bukunya, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Prof. Utami Munandar menuliskan indikator keberbakatan selaku berikut:

Ciri-ciri Intelektual/Belajar:
Praktis menangkap pelajaran, kenangan baik, perbendaharaan kata luas, daypikir tajam (berpikir logis-kritis, mengerti korelasi sebab-akibat), daya fokus baik (perhatian tak mudah teralihkan), menguasai banyak materi ihwal banyak sekali topik, bahagia dan sering membaca, ungkapan diri tanpa gangguan dan jelas, pengamat yang cermat, bahagia mempelajari kamus maupun peta dan ensiklopedi.

Cepat memecahkan soal, cepat menerima kekeliruan atau kesalahan, cepat menerima asas dalam sebuah uraian, bisa membaca pada usia lebih muda, daya abstraksi tinggi, senantiasa sibuk menanggulangi banyak sekali hal.

Ciri-ciri Kreativitas:
Dorongan ingin tahunya besar, sering bertanya yang baik, menampilkan banyak ide dan permohonan kepada sebuah masalah, bebas dalam menyatakan pendapat, mempunyai rasa keindahan, menonjol dalam salah satu bidang seni, mempunyai pertimbangan sendiri dan sanggup mengungkapkannya serta tak mudah terpengaruh orang lain, rasa humor tinggi, daya imajinasi kuat, keaslian (orisinalitas) tinggi (tampak dalam ungkapan gagasan, karangan, dan sebagainya.

Dalam pemecahan duduk urusan menggunakan cara-cara orisinal yang jarang diperlihatkan bawah umur lain), sanggup melakukan pekerjaan sendiri, bahagia menjajal hal-hal baru, kesanggupan menyebarkan atau memerinci sebuah ide (kemampuan elaborasi).
 

Ciri-ciri Motivasi:
Tekun menghadapi kiprah (dapat melakukan pekerjaan terus-menerus dalam waktu lama, tak berhenti sebelum selesai), giat menghadapi kesusahan (tak lekas putus asa), tak membutuhkan dorongan dari luar untuk berprestasi, ingin mendalami bahan/bidang wawasan yang diberikan, senantiasa berupaya berprestasi sebaik-baiknya (tak cepat puas dengan prestasinya), menampilkan minat kepada macam-macam duduk urusan "orang dewasa" (misalnya kepada pembangunan, korupsi, keadilan, dan sebagainya).

Senang dan tekun menuntut ilmu serta sarat semangat dan cepat jenuh dengan tugas-tugas rutin, sanggup menjaga pendapat-pendapatnya (jika telah percaya akan sesuatu, tak mudah melepaskan hal yang diyakini itu), mengejar-ngejar tujuan-tujuan jangka panjang (dapat menangguhkan pemuasan keperluan sesaat yang ingin diraih kemudian), bahagia mencari dan memecahkan soal-soal.

Post a Comment

0 Comments