Hal-Hal Yang Bisa Mempengaruhi Anak Menjadi Manja

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi anak menjadi manja:

1. Lingkungan Keluarga
Orang bau tanah akan lebih besar memberi pengaruh bagi anak mudah-mudahan anak tidak melakukan kemanjaan. Apabila orang bau tanah dalam membimbing dan mengarahkan anak tidak hati-hati maka akan terbentuk perilaku manja yang timbul dari dalam diri anak itu sendiri yang akan membuat anak manja. Perbuatan dan perilaku manja itu timbul diperoleh dari orang tua.
Menurut Rusda Koto Sutadi (1994), “Anak tunggal, sulung, bungsu, anak sering ditinggal orang tua, kompetisi di antara anak merupakan penyebab kemanjaan yang diperoleh dalam lingkungan keluarga”. 
 
2.  Lingkungan Masyarakat
Kemanjaan anak timbul alasannya pengaruh aspek lingkungan masyarakat. Masyarakat yang kurang mengerti mengenai kemajuan anak, akan berbuat dengan tidak terarah, yang seharusnya perbuatan belum dapat diterima oleh anak ternyata telah diberikan dan usang kelamaan anak akan lebih bahagia sokongan orang lain (masyarakat) ketimbang sokongan atau pengarahan orang bau tanah walaupun sesungguhnya tujuan orang bau tanah mengarahkan mudah-mudahan tidak timbul pada kemanjaan anak.

3.  Lingkungan Sekolah
Kemanjaan anak timbul alasannya kurang berdikari dalam menyelesaikan tugas. Biasanya si anak senantiasa memanggil-manggil gurunya, kemudian merengek-rengek minta dibantu dalam menyelesaikan tugasnya walaupun sesungguhnya si anak bisa menyelesaikan tugasnya sendiri. 

Post a Comment

0 Comments